Monday, December 12, 2016

Memberi dengan Tulus, Memberi dengan Kerendahan Hati

Sore ini, saat saya sedang santai berselancar di beranda social media, menemukan sebuah foto yang cukup sontak membuat mata saya berkaca-kaca, tiba-tiba rasa bergejolak tak kuasa menahan haru.

Menurut akun tersebut (sengaja tidak saya cantumkan nama akun itu agar tulisan saya ini tidak terkesan ingin menistakan agama tertentu seperti yang sekarang ini sedang marak terjadi) itu adalah aksi pemberian sumbangan untuk korban Bencana Gempa di Pidie Aceh beberapa waktu lalu.

Tampak terlihat jelas penerima sumbangan berdiri berbaris sejajar, sementara pemberi membungkukan setengah tubuhnya sambil menyerahkan barang bantuan.

Itu Epic menurut saya, seharusnya seperti itulah jika kita memberi, itu yang namanya memberi dengan tulus, memberi tanpa mengharap apa-apa selain pemberiannya bisa diterima dengan murah hati, tanpa prasangka, itu sudah cukup. Beda dengan yang selama ini saya saksikan, penerima yang cenderung membungkukan badannya tanda hormat dan sebagai rasa ungkapan terima kasih  kepada pemberi, seolah-olah ada kesombongan dalam aksi pemberian nya.

Semoga kita semua bisa menjadi pemberi yang demikian, pemberi yang tulus, tanpa akal "bulus".

No comments:

Post a Comment