Monday, December 12, 2016

Mencermati Discount

Siang Ini saya mendatangi sebuah Plaza, terakhir saya kemari puluhan tahun yang lalu, seingat saya, tempat ini memang ga terlalu besar tempatnya, produk yang disediakan juga lumayan beragam, terutama produk fashion.

Hari ini saya datang kembali karena menurut info disini lagi discount besar2an, semua produk fashion dijual dg potongan harga mulai dari 40% hingga 70%, tertarik? tentu saja.

Memasuki pintu, sudah disuguhkan bertroli2 pakaian dg tag disc 50%, baju yang sama sekali tidak tersusun rapi akibat diacak2 pembeli ataupun calon pembeli, tidak tampak satupun pramuniaga yang berjaga, ah mungkin saja mereka sedang berjaga di dalam, pikirku.

Sampai di dalam, saya dibuat lebih terkejut, baru kali ini saya menyaksikan toko yg menyuguhkan  discount dg keadaan sebrutal ini, saya terkejut melihat spot pajangan sepatunya, itu berantakan banget, sama sekali tidak tersusun, terlihat benar2 seperti diobral, masih rapi an juga toko sepatu pinggir jalan, sedangkan ini kan Plaza, tempat ber AC dan lumayan nyaman untuk tempat belanja.

Saya susuri lebih dalam, pakaian2 yang dipajang, tampak terlihat sudah tidak penuh, gantungan2 baju yang dibiarkan terlihat kosong, mata saya tertuju pada sebuah celana, biru, polkadot kecil, ukuran 3/4, saya coba teliti tag harga, ga ditemukan. "Mba, ini harga nya berapa?" tanya saya ke pramuniaga yang kebetulan lewat. 'oh itu ada baju nya' jawabnya seadanya, mungkin menyuruh saya untuk mencari baju nya, dan mungkin tag harga ada di bajunya. saya berusaha mencari sendiri, saya bongkar2, tapi ga saya temukan juga baju yang senada. "mba , ga ada nih bajunya" tanya saya lagi. Mba nya diam saja, sambil berlalu. Kecewa. Hilang selera saya untuk belanja.

Apakah seperti ini layaknya memperlakukan barang discount? Discount harga berarti juga discount pelayanannya? Padahal pelayanan sama pentingnya, lebih penting malah, pelayanan yang baik, mendorong untuk orang untuk membeli produk lebih besar.

Discount bukan berarti mengurangi kualitas produk dan kualitas pelayanan. Ini yang harus dicermati produsen, produsen yang baik tidak membuat customer merasa dibodohi dan dibohongi atas nama Discount. 

No comments:

Post a Comment