Saturday, February 2, 2013

Tanda Bayi sudah "Kenyang"

Sudah kesekian hari sejak tgl 12 Jan 2013, Chris mulai makan. sampai hari ini so far so good, belum ada hal yang perlu dikhawatirkan.. makannya doyan, hampir setiap sajian dapat dihabiskannya. yah terkadang ada beberapa menu yang mungkin terlalu sering diberikan, karena aku menganut trial 4 hari, bayangin aja kudu makan kentang dua kali sehari selama 4 hari #wewwww *ga perlu dibayangin ,tar eneg sendiri he he he*

Biasa kalo untuk pemberian makan didudukan di bouncer sambil nyalain lagu deh, deketin ke kipas biar adem, ada yang menyarankan sambil digendong aja sambil makan, jalan-jalan, biar gampang makannya, ah tidak. kudu dibiasakan baik, duduk sendiri, makan, itu normalnya.

Selama pemberian makan ada beberapa kode unik tanda Chris udah ga mau makan lagi

1.  Kepalanya di dongak2an ke atas kanan, ke atas kiri 
seolah-olah ingin berdiri dari tempat duduk dan berlalu, wkwkwk

2. Makanan disembur2kan keluar mulut, 
dimasukin sesendok, disemburin keluar setengah sendok, dimasukin lagi, disemburin lagi. 

3. Mingkem alias GTM (Gerakan Tutup Mulut)
Beuh ini udah maksimal deh usahanya utk ga makan lagi, ya gimana nyuapinnya kalo dia mingkem, dia diem aja, sambil duduk tenang, mulut terkatup. 

nah kalo sudah ada salah satu tanda di atas, biasanya, kegiatan makan dihentikan dulu sementara, ajakin bercanda, sambil nanti curi2 kesempatan, pas tertawa, mulut terbuka lebar, HAP! lalu disuap. 

4. Terakhir tanda yang paling ekstrim adalah kalo Chris udah mulai HOEK, alias seperti mau muntah. oke, kalo tanda ini, udah dipastikan, kegiatan makan di stop, lahhhh daripada muntah? gara-gara maksain sesendok lagi masuk ke mulut? sia-sia donk semangkok sebelumnya. Yah mungkin saja sudah kenyang kan. 

Untuk makan sih aku berprinsip ga mau dipaksakan, ya kalo ga mau ya sutra, dicoba besok lagi, kalo sudah kenyang, ya stop. Karena makan bukan hanya sekedar membuat perut kenyang, ada "edukasi" yang tersembunyi di baliknya. #WellyBijak




No comments:

Post a Comment